--> Ini botmeter, sistem yang bisa deteksi akun robot di media sosial | KEEPO-ID

Friday, August 18, 2017

Ini botmeter, sistem yang bisa deteksi akun robot di media sosial

| Friday, August 18, 2017

Akun robot masih menjadi isu di media sosial karena menyebarkan berbagai hoax.


Berbagai penyedia layanan ketiga terus berupaya menghilangkan akun bot (akun robot). Salah satunya tim di kampus Indiana University dan Northeastern University di Amerika Serikat (AS), yang mengembangkan sistem bernama Botmeter.
Hal itu terkait akun bot yang masih menjadi isu di media sosial, terutama di twitter, yang umumnya menyebarkan cerita tertentu, bahkan berkonten politik. Botmeter mengenali lebih dari seribu faktir, mulai dari cuitan termasuk metadata bagaimana dan dari mana unggahan hingga komposisi pengikut.
"Kami menggunakan banyak sinyal untuk menghitung skor," kata Onur Varel, peneliti dari Northeastern University yang terlibat proyek itu dikutip The Verge, Jumat (18/8).
Berdasarkan teori yang digunakan sistem itu, bila angka Botmeter di bawah 40 persen, kemungkinan akunnya adalah akun sungguhan, bukan robot.
Varel tidak mengklaim sistem tersebut betul-betul akurat untuk membuat kesimpulan sebuah akun adalah bot karena sistem masih dikembangkan. Tim peneliti secara aktif mengumpulkan data untuk dimasukan ke sistem bernama Bot Repository. Varel mengakui akun bot kini makin kompleks dan sulit dikenali jika dibandingkan dengan 2011, saat ia pertama kali mempelajari akun robot.










Sumber : brilio.net

https://www.brilio.net/gadget/ini-botmeter-sistem-yang-bisa-deteksi-akun-robot-di-media-sosial-170818w.html

Related Posts

No comments:

Post a Comment