Skip to main content

Mau masa depan cerah? Pastikan kamu jalani 3 langkah nyata ini

Gelar sarjana bisa jadi tidak cukup sebagai jaminan masa depan.


Dulu, banyak orang yang percaya kalau gelar sarjana saja bisa membawa seseorang ke masa depan yang cerah. Tidak jarang orangtua sampai rela membayar mahal biaya perkuliahan demi masa depan dan kesempatan bagi anak-anak mereka. Namun, apakah pemikiran tersebut masih relevan saat ini? 

Gelar sarjana bisa jadi tidak cukup sebagai jaminan masa depan sejahtera kalian. Banyak para sarjana lulusan S1 yang masih menganggur yakni berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2016, tercatat sebesar 5,5% dari jumlah lulusan S1. Ini berarti dari 100 angkatan kerja terdapat sekitar lima hingga enam orang pengangguran. Wah!

Tentunya hal ini tidak terlepas dari persaingan yang ketat, serta kurangnya "bekal" dari para sarjana tersebut setelah lulus dari universitas mereka. Nah kali ini, akan diulas tiga bekal penting yang kamu butuhkan untuk meraih masa depan yang lebih cerah yakni menjadi sarjana yang memiliki skills dan karakter yang baik, dan membedakan kamu dengan yang kompetitor. Apa aja pilihan bekal untuk masa depan kamu? Yuk, simak di bawah ini!

1. Memiliki wawasan kebangsaan yang kuat (Nation Building)

Apa yang terjadi jika ratusan mahasiswa dari berbagai latar belakang perguruan tinggi di seluruh Indonesia berkumpul? Mahasiswa penerima program Djarum Beasiswa Plus mengikuti rangkaian acara talk show dan diskusi kebangsaan, cultural visit, serta pergelaran seni. Mereka bukan penyanyi, pemain teater maupun penari profesional. Namun dengan semangat belajar dan kerja sama, dan dipandu pelatih andal di bidangnya mereka berlatih kegiatan seni sekaligus mengenal akar sejarah dan budaya Indonesia. 

Seorang yang memahami jati dirinya, sekaligus memiliki wawasan kebangsaan akan sangat dibutuhkan apalagi di era globalisasi saat ini. Pelatihan wawasan kebangsaan dapat membantu memiliki rasa percaya diri serta rasa hormat diri sebagai bagian dari negaranya agar mampu bersaing, juga menghadapi kompetisi dengan bangsa yang lain di dunia. 

2. Bangun karakter pemimpin dengan Leadership Development.

Mahasiswa yang ingin sukses dengan masa depan yang cerah juga diharapkan mempunyai sikap dan karakter kepemimpinan. Yaitu menjadi sosok hanya tidak hanya memiliki kecerdasan akademis saja. Melainkan juga kudu punya modal dasar kecerdasan emosional untuk menjadi pemimpin yang baik. 

Modal kepemimpinan seperti mawas diri, pengaturan diri, motivasi diri, rasa empati serta keterampilan sosial harus dimiliki oleh seseorang yang bercita-cita memiliki masa depan cerah. Program Beswan Djarum dalam hal ini berupa rangkaian soft skills Leadership Development yang dapat membantu para penerima beasiswa menjadi pemimpin visioner, komunikatif, serta mampu memotivasi dan membawa pengikutnya menuju perubahan yang lebih baik

3. Wujudkan pribadi terpercaya dengan Character Building.

Untuk mengasah karakter memang diperlukan sebuah kebiasaan dan berlatih, yakni membiasakan diri selalu melakukan perbaikan. Menjadi pribadi terpercaya, memberikan kesempatan berperan dan menciptakan hal yang lebih besar. Saat kamu lulus, menjadi pribadi terpercaya menjadi salah satu kunci mengembangkan karier kamu.






Sumber : brilio.net

https://www.brilio.net/kepribadian/mau-masa-depan-cerah-pastikan-kamu-jalani-3-langkah-nyata-ini-1705128.html

Comments

Popular posts from this blog

Para Peternak Sapi di Dunia Kini Lagi Demen Melubangi Perut Sapi Hidup-Hidup, Alasannya Sungguh Mengejutkan

Praktik ini pun mulai menyebar di seluruh dunia. Bagaimana Indonesia? Bisa dibilang tindakan para peternak di Swiss ini tergolong mengerikan, meskipun bertujuan baik yakni penelitian, namun melubangi perut sapi hidup-hidup tentu melanggar hak hidup dari binatang tersebut. Tindakan tak cuma di Swiss saja, praktik yang sudah dilakukan sejak 1833 ini sudah diikuti oleh para peternak dari seluruh dunia, beramai-ramai mereka memberi lubang (fistula) berupa pipa yang dimasukkan ke bagian pencernaan sapi Lewat fistula berdiameter 20 cm ini, para peternak bisa memeriksan dan melihat dengan jelas apa yang terjadi di dalam pencernaan sapi itu. Selama proses penelitian ini, sapi-sapi hanya diberi makan gandum dan rumput. Dan sebagian diambil untuk diteliti lebih lanjut.  Menuai kecaman di dunia Hasil dari penelitian ini nantinya berguna untuk membantu para peternak dalam memberikan makanan yang seimbang untuk sapi itu sendiri. Dan anehnya jika dibandingkan dengan sapi yang tidak berlubang, sapi …

Foto Daging Ular Piton di Jual di Transmart ini Berhasil Bikin Netizen Merinding

Foto-fotonya bikin heboh netizen! Sebuah foto yang memperlihatkan potongan ular piton yang dijual di salah satu etalase supermarket berhasil membuat netizen heboh. Pasalnya, potongan ular terbesar di Indonesia itu bukanlah tipuan atau manian, tapi benar-benar asli dan diperjualbelikan sebagai makanan. Dijual di salah satu supermarket ternama di Manado Dilansir dari Tribunnews, ternyata foto potongan itu berasal dari salah satu supermarket ternama di Kota Manado, dan kabarnya harga satu potongnya dipatok sekitar Rp. 22.000 sampai Rp 37.000 tergantung dari ukuran dan beratnya. Meski terlihat aneh tapi foto postingan Instagram @kotamanado ini tak lepas dari perhatian netizen, bagi mereka potongan ular piton itu sama lezatnya dengan daging hewan ternak lainnya, terlebih lagi kuliner semacam ini sudah menjadi masakan wajib dan banyak ditemukan di Manado Banyak netizen terutama yang berasal dari Manado menyambut positif postingan Instagram @kotamanado secara bijak. "Cuman di manado wkwk…

13 Foto yang Sekilas Tampak Biasa Aja, tapi kalau Kamu Amati dengan Jeli, Kamu Bakal Begidik Merinding

Kalau kamu jeli, kamu pasti tahu hal apa saja yang aneh di 13 foto ini...
Hal-hal aneh dan nggak wajar emang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, dan nggak jarang kejadian semacam ini secara nggak sengaja terabadikan oleh kamera. Seperti pada 13 foto yang sekilas tampak biasa saja ini, tapi kalau kamu amati dengan jeli, kamu bakal bergidik merinding. Yuk langsung saja liat foto-fotonya di bawah ini.
1. Duh manisnya...


2. Siapa tuh nyengir di belakang...?


3. Bapaknya lagi serius-seriusnya nih...


4. Wefie di gerbong kereta...


5. Pamer otot nih ceritanya...


6. Tatapanmu mengalihkan duniaku...


7. Perjalanan menuju sekolah...


8. Ibu-ibunya kumpul buat arisan...


9. Selfie sambil nyobain baju baru...


10. Eh komiknya bagus, pinjem dong...