--> Astaga! 7 Teori dari Pelajaran Sekolah yang Selama Ini Kita Anggap Benar Ternyata Malah Salah Kaprah | KEEPO-ID

Tuesday, August 8, 2017

Astaga! 7 Teori dari Pelajaran Sekolah yang Selama Ini Kita Anggap Benar Ternyata Malah Salah Kaprah

| Tuesday, August 8, 2017

Jangan sampai kamu salah paham seumur hidup. 

Saat masih sekolah terutama pas masih SD, apapun yang dijelaskan sama guru, kita bakal percaya. Penjelasannya itu bakal kita anggap sebagai sesuatu yang benar. Emang sih ada banyak banget kebenaran dan ilmu yang dikasih sama para guru. Akan tetapi ada juga nih beberapa teori yang ternyata salah. Biar kamu nggak salah terus selama hidup di Bumi, mendingan kamu simak dulu nih kebenarannya. 
1. Bunglon mengubah warna kulit buat berkamuflase. 
Via Unsplash
Selama ini banyak orang mikir kalo bunglon mengubah warna kulitnya buat melindungi dari dari musuh. Faktanya, bunglon mengubah warna buat mengatur suhu tubuh mereka dan menggambarkan 'emosi' mereka. Bunglon bakal makin terang warnanya saat suasana panas. Mereka juga bakal berubah jadi gelap saat lagi takut. 

2. Mulut anjing lebih bersih daripada mulut manusia
Via Unsplash
Mungkin kamu pernah denger tentang teori bahwa mulut anjing lebih bersih dari mulut manusia. Itu salah besar. Logikanya nggak masuk banget. Anjing nggak pernah sikat gigi dan menjilat banyak benda yang penuh kuman. Gimana bisa mereka punya mulut yang bersih?

3. Kelelawar buta. 
Via Unsplash
Ada juga nih teori yang pernah diajarkan waktu sekolah. Katanya kelelawar itu buta. Padahal faktanya, kelelawarpunya mata yang lebih tajam. Semakin besar kelelawar, semakin tajam penglihatannya. Bisa tiga kali lipat dari penglihatan manusia. 

4. Pluto bukanlah planet. 
Via Unsplash
Banyak yang salah paham soal Pluto. Di sekolah kamu pasti dikasih tahu kalo Pluto dulunya adalah planet lalu dicoret dari daftar 9 planet karena dianggap tidak memenuhi syarat. Well, itu teori yang sebenarnya salah. Kebenarannya sampai saat ini Pluto masih tetap planet, tapi dia dikategorikan sebagai planet kurcaci. 

5. Isaac Newton menemukan teori tentang gravitasi setelah sebuah apek jatuh di kepalanya. 
Via Unsplash
Menurut cerita yang beredar luas, Newton menemukan hukum soal gravitasi Bumi setelah ada apel jatuh di kepalanya. Faktanya, apel itu sama sekali nggak jatuh di kepala Newton. Gravitasi ditemukan saat Newton penasaran sama apa yang membuat apel jatuh lurus ke tanah. 
6. Darah yang mengalir di pembuluh darah berwarna biru. 
Via Flickr
Coba kamu lihat pergelangan tanganmu. Kamu pasti ngeliat pembuluh yang warnya biru kehijauan dan beranggapan itu adalah warna darah. Salah besar. Pembuluh darah keliatan kebiruan karena pengaruh cahaya. 

7. Banteng marah saat ngeliat warna merah. 
Via StockSnap
Sebenarnya banteng bakal ngejar sesuatu yang warnanya merah atau cerah. Hal yang menarik perhatian mereka adalah sesuatu yang bergerak. Banteng bakal tetap ngasih reaksi yang sama saat dia ngeliat bendera yang digoyangkan nggak peduli warnanya. 



Sumber : 
https://keepo.me/reagan/astaga-7-teori-dari-pelajaran-sekolah-yang-selama-ini-kita-anggap-benar-ternyata-malah-salah-kaprah

Related Posts

No comments:

Post a Comment