--> Kalau Perang Nuklir AS VS Korut Pecah, 4 Hal Mengerikan Inilah yang Akan Berdampak Terhadap Indonesia | KEEPO-ID

Monday, August 14, 2017

Kalau Perang Nuklir AS VS Korut Pecah, 4 Hal Mengerikan Inilah yang Akan Berdampak Terhadap Indonesia

| Monday, August 14, 2017

Deretan hal mengerikan ini akan dirasakan Indonesia selaku negara tetangga yang terdampak dari perang nuklir AS VS Korut

Beberapa hari ini dunia tengah mengalami panas dingin terkait ultimatum Korea Utara (Korut) yang hendak melancarkan serangan rudalnya ke pulau Guam, sebuah pulau terletak Pasifik yang berjarak tidak jauh dari Indonesia.
Meski banyak pengamat menilai ancaman Korut hanya isapan jempol belaka, tapi tetap patut diwaspadai mengingat beberapa saat yang lalu negara yang dipimpin Kim Jong Un itu mengeluarkan sebuah video propaganda yang menggambarkan Gedung Putih, tempat Presiden Amerika Serikat itu diledakkan.
Tak heran dunia makin panas dan jika suatu saat nanti perang Korut VS AS pecah, kira-kira hal apa saja sih yang akan diterima Indonesia sebagai negara tetangga dari pulau Guam itu, berikut ulasannya.
1. Indonesia akan terkena dampak awan karbon dari ledakan ini

Meski berpaham politik bebas aktif, tapi secara tidak langsung Indonesia akan terkena dampak dari bom nuklir yang dijatuhkan Korea Utara di Guam.
Setidaknya, karbon hitam akan menyebar ke langit hingga menyelimuti sebagian wilayah Indonesia bagian timur, seperti Manado, Kepulauan Maluku, Papua dan sekitarnya.
Dampak terburuk dari bom nuklit Korea Utara adalah langit hitam ini akan bertahan dan menghalangi sinar mata hari dalam beberapa hari.
2. Suhu bumi akan turun

Tak cuma awan karbon menyelimuti sebagian langit di bumi, dampak berikutnya adalah penurunan suhu bumi. Penurunan ini akan menyebabkan sulitnya pasokan makanan bagi sebagian penduduk bumi, tak terkecuali Indonesia yang mayoritas penduduknya berkerja sebagai petani.
Penurunan suhu ini akan menyebabkan gagal panen, berbagai produk pertanian tidak laku, kemiskinan makin meningkat, dan sedikit demi sedikit penduduk akan mati karena kelaparan.
3. Lapisan ozon menipis akibat radiasi
Sedikit demi sedikit lapisan ozon di Bumi akan digerogoti oleh radiasi nuklir. Tak lebih dari 5 tahun pasca perang, lapisan ozon akan berkurang cukup drastis. Hal ini akan berakibat buruk terhadap kesehatan manusia yang tinggal di lokasi atau disekitar bencana, termasuk Indonesia.
4. 20% Penduduk bumi akan berkurang
Andai perang nuklir Korea Utara dan Amerika Serikat benar-benar terjadi, setidaknya sebanyak 2 miliar orang akan meninggal akibat efek jangka panjang dari perang ini. Diperkirakan para korban tak cuma diantara dua kubu yang tengah bertikai tapi dari negara-negara netral seperti Indonesia yang terkena dampak secara tidak langsung.
Menurut Businerinsider, setidaknya terdapat sebanyak 17.000 nuklir di seluruh dunia dan akan masih terus bertambah.
Semoga tidak terjadi, 




Sumber : brilio.net
https://keepo.me/marthens/kalau-perang-nuklir-as-vs-korut-pecah-4-hal-mengerikan-inilah-yang-akan-berdampak-terhadap-indonesia

Related Posts

No comments:

Post a Comment