--> 5 Kado untuk rakyat di HUT RI, dari bensin hingga tiket KRL gratis | KEEPO-ID

Wednesday, August 16, 2017

5 Kado untuk rakyat di HUT RI, dari bensin hingga tiket KRL gratis

| Wednesday, August 16, 2017

5 Kado untuk rakyat di HUT RI, dari bensin hingga tiket KRL gratis

Menyambut perayaan 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Sekretariat Negara, dan Kantor Staf Presiden menggelar Festival Ikan dan Lomba Masak Ikan Nusantara mulai1-17 Agustus 2017.

Kegiatan ini sekaligus untuk mengajak masyarakat kembali mengonsumsi ikan yang membuat tubuh sehat, kuat, dan cerdas. Tak tanggung-tanggung, hadiahnya berupa kesempatan langsung memasak ikan untuk Presiden Jokowi para peringatan HUT Kemerdekaan, 17 Agustus 2017.

Teten menyebut, lomba masak ikan Nusantara dibuka untuk koki dari pelbagai daerah tanpa kecuali. Lomba Masak Ikan dimulai tanggal 1 hingga 17 Agustus 2017. Peserta bisa dari ibu rumah tangga hingga koki profesional. "Nanti pemenangnya akan masak ikan untuk Presiden tanggal 17 Agustus 2017," kata kata Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki di kantornya, Senin (3/7).

"Kenapa ikan? Karena kita ingin memperbaiki gizi masyarakat, dan ikan merupakan sumber protein yang kaya serta mudah didapat," imbuhnya.

Teten menambahkan, pemerintah menargetkan konsumsi makan ikan masyarakat Indoensia menjadi rata-rata 54 kilogram per kapita per tahun pada 2019. Saat ini, konsumsi masyarakat Indonesia terhadap ikan masih terbilang rendah. Rata-rata, tingkat konsumsi ikan di Indonesia baru mencapai 41 kilogram (kg) per kapita per tahun.

Tak hanya mengajak kembali makan ikan, berbagai kado disiapkan untuk masyarakat Indonesia. Mulai dari bensin gratis hingga tiket KRL gratis. Berikut uraiannya:

1. Daerah pelosok dialiri listrik


Warga Desa Loa Kumbar di Kelurahan Loa Bahu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur kini mulai bersenang hati. Setelah 72 Indonesia merdeka, desa mereka baru dialiri listrik PLN.

"Ini momentum menjelang 17 Agustus 2017, ini kado kemerdekaan bagi warga Loa Kumbar. Masuknya listrik ini, bagian dari hak masyarakat Indonesia," ujar GM PT PLN (Persero) Kaltim-Kaltara Rustamaji usai peresmian

"Diharapkan bisa membantu rumah tangga, perekonomian, anak belajar lebih baik. Banyak yang bisa diharapkan dengan hadirnya listrik ini," ujarnya.

Dari 87 kepala keluarga (KK), yang tersambung listrik PLN sudah sekitar 69 KK. Pembangunan instalasi jaringan PLN di Desa Loa Kumbar, menurut Rustamaji, menghabiskan dana tidak kurang dari Rp 1 miliar.

"69 KK tersambung, sisanya menyusul. Total pembangunan dengan menarik jaringan tegangan menengah sekitar 3,9 kilometer, kemudian jaringan tegangan rendahnya sekitar 700 meter. Total biaya Rp 1,7 miliar," sebut Rustamaji.

Proyek listrik di desa itu, sejatinya sudah dimulai sejak akhir 2015 lalu dan menemukan serangkaian kendala. "Kita bersyukur kerja sama dengan pemerintah hingga masyarakat paling bawah, semua selesai. Mudahan biaya (Rp 1,7 miliar) yang dikeluarkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat," katanya.

Rustamaji menargetkan 97 persen wilayah Kaltim dan Kaltara teraliri listrik dalam dua tahun mendatang, terutama di wilayah pedesaan. Saat ini, rasio elektrifikasi di kedua wilayah tersebut sudah mencapai 89 persen.

"Semakin dekat dengan ujung PLN, semakin prioritas. Yang juga sangat membantu, juga ketersediaan infrastruktur. Kan perlu bawa material, kabel, kemudian bawa trafo yang beratnya ratusan kilometer," tambahnya.

Sementara, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, mengapresiasi upaya PLN, mewujudkan listrik 24 jam di Loa Kumbar. Sebelum dialiri listrik PLN, warga Loa Kumbar hanya menikmati listrik selama enam jam. "Kenapa sempat terlambat pembangunan di sini, karena adanya pembangunan di sini karena dulu ada perusahaan-perusahaan kayu. Tapi sekarang sudah tutup," ujarnya.

"Akses ke Loa Kimbar, susah karena harus lewat sungai. Maka sekarang bangun jalan, listrik masuk, pendidikan ada semua. Jadi warga Loa Kumnar, tidak merasa terpinggirkan, tidak merasa tertinggal," tambahnya lagi.

Dengan hadirnya listrik di Samarinda, seluruh wilayah Samarinda pun kini sudah teraliri listrik PLN selama 24 jam. "Hampir tidak (ada daerah yang tidak teraliri listrik), ini terakhir," pungkasnya.

2. Skytrain Bandara Cengkareng mulai uji coba


Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengungkapkan bahwa kereta tanpa awak Bandara Soekarno-Hatta merupakan kado HUT kemerdekaan RI ke-72 untuk masyarakat. Sekarang, skytrain tengah dalam tahap uji coba.

Pengoperasian kereta tanpa awak di Bandara Soekarno-Hatta, lanjutnya, akan dilakukan secara bertahap. Nantinya skytrain akan melayani perjalanan penumpang antar terminal.

"Ini kado HUT Kemerdekaan 17 Agustus, dilakukan ujicoba dengan penumpang," kata Menhub Budi ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, usai melakukan uji coba, Tangerang, Selasa (15/8).

Menurutnya, untuk tahap awal, operasional skytrain hanya melakukan perjalanan dari terminal 2 ke terminal 3. "Prosesnya bertahap, pertama kali dari Terminal 2 ke Terminal 3. Selanjutnya tahapan kedua Oktober mulai melayani dari Terminal 1, 2, dan 3," terang Menhub Budi.

Menhub yang merasakan uji coba langsung skytrain bersama petinggi PT Angkasa Pura II, mengaku kagum dengan adanya skytrain yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

3. Kereta Lokal dan KRL gratis


Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 serta meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi kereta api, PT KAI akan menggratiskan tiket perjalanan KA lokal di Jawa dan Sumatera serta KRL semua rute khusus untuk penjualan dan keberangkatan hari Kamis, 17 Agustus 2017.

Total terdapat 33 nama KA lokal (199 perjalanan) dan 918 perjalanan KRL yang perjalanannya akan digratiskan dengan kapasitas penumpang yang diangkut mencapai 1.216.349 orang yang terdiri dari 150.827 penumpang untuk KA lokal dan 1 065 522 penumpang untuk KRL.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api lokal dan komuter secara gratis, dapat mendatangi stasiun kereta terdekat. Namun demikian, penumpang harus tetap mengikuti aturan keselamatan dan pembelian tiket yang telah ditentukan oleh PT KAI.

"Jadi dalam rangka HUT ke-72, dan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap moda transportasi massal, maka PT KAI akan menggratiskan satu hari penuh KA lokal baik Jawa dan Sumatera dan KRL di DKI. Itu untuk semua rute. Khusus untuk keberangkatan pada Kamis 17 Agustus 2017, kita harus merdeka naik KA lokal dan KRL," ujar Edi di Balai Yasa Manggarai, Jakarta, Selasa (15/8).

Edi menambahkan, bagi masyarakat yang telah melakukan pembelian KA lokal, yang dijual H-7 atau H-30 dengan tarif normal untuk keberangkatan 17 Agustus, maka dapat melakukan refund, dengan menyerahkan bukti tiket atau boarding pass. "Proses dapat dilakukan mulai 17-18 Agustus. Karena itu tinggal memberikan boarding pass saja, sampai pukul 18.00 WIB tanggal 18," jelas Edi.

Sementara itu, bagi pengguna KRL Jabodetabek operator layanan KRL akan memberikan layanan KRL gratis ini kepada seluruh pengguna KRL yang memakai Kartu Multi Trip (KMT), tiket harian berjaminan (THB) dan kartu bank yang telah bekerjasama dengan pihak operator KRL.
"Khusus para pengguna THB, tetap harus memiliki tiket sesuai relasinya dan memberikan uang jaminan kartu sebesar Rp 10.000. Pembelian maupun pengisian relasi tidak dikenakan biaya, sementara uang jaminan akan dikembalikan saat THB dikembalikan," jelasnya.
Berikut daftar nama KA lokal dan rute perjalanan yang dibebaskan biaya tiketnya untuk perjalanan tanggal 17 Agustus 2017:
1. Cut Meutia rute Kruengmane-Kruenggeukeuh
2. Sri Lelawangsa rute Medan-Binjai
3. Sibinuang rute Padang-Pariaman
4. Lembah Anai rute Kayutanam-Lubukalung
5. Kertalaya rute Kertapati-Indralaya
6. Seminung rute Tanjungkarang-Kotabumi
7. Way Umpu rute Tanjungkarang-Kotabumi
8. Lokal Merak rute Rangkas bitung-Merak
9. Jatiluhur rute Cikampek-Tanjungpriok
10. Citamaya Ekspress rute Purwakarta-Tanjungpriok.
11. Walahar Ekspress rute Purwakarta-Tanjungpriok
12. Pangrango rute Bogor-Sukabumi
13. Bandung raya ekonomi rute Cicalengka-Padalarang
14. Patas Bandung Raya rute Cicalengka-Padalarang
15. Cibatuan rute Cibatu-Purwakarta
16. Siliwangi rute Cianjur-Sukabumi
17. Kedung Sepur rute Semarangponcol-Ngrombo
18. Kaligung rute Semarangponcol-Brebes
19. Blora Jaya rute semarangponcol-Cepu
20. Prameks rute Solobalapan-Kutoarjo
21. Batara Kresna rute Purwosari-Wonogiri
22. Kalijaga rute Solobalapan-Semarangponcol
23. Dhoho rute Surabayakota-Blitar
24. Dhoho Penataran rute Surabayakota-Blitar
25. Penataran rute Surabayakota-Blitar
26. Penataran Dhoho rute Surabayakota-Blitar
27. Tumapel rute Surabayakota-Malang
28. Jenggala rute Sidoarjo-Mojokerto
29. Ekonomi lokal sda-bj rute Surabayakota-Bojonegoro
30. Ekonomi lokal sb-kts rute Sidoarjo-Kertosono
31. KRD sgu-pr rute Surabayakota-Porong
32. KRD sbi-lmg rute Surabaypasarturi-Lamongan
33. Pandanwangi rute Jember-Banyuwangi
34. KRL Jabodetabek semua rute.
4. Pengguna GTO dapat diskon


Pemerintah terus mengintensifkan kampanye penggunaan pembayaran sistem non-tunai di jalan tol seluruh Indonesia yang rencananya akan berlaku secara efektif pada Oktober mendatang. Upaya tersebut telah berhasil meningkatkan penetrasi transaksi non tunai di jalan tol area Jabodetabek menjadi 33 persen di bulan Juni 2017.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU-Pera, Herry Trisaputra Zuna mengatakan, untuk meningkatkan penetrasi transaksi non tunai di jalan tol, perbankan bersama BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) akan menggelar berbagai program diskon. Pengadaan diskon tersebutpun telah disetujui oleh pihak pihak perbankan yang turut berkontribusi dalam sistem pembayaran nontunai.
"Berbagai inisiasi kita lakukan, seperti perbankan dan BUJT akan menggelar berbagai program diskon untuk meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap uang elektronik yang diharapkan mampu mempercepat perubahan perilaku masyarakat," ujar Herry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (15/8).
Herry mengatakan besaran diskon nantinya akan diberikan sebesar 10 persen kepada pengguna jalan tol. Pemberian diskon tersebut akan dimulai tepat pada HUT Republik Indonesia yang ke-72 pada 17 Agustus 2017 yang kemudian berakhir pada 30 September 2017.
"Iya 10 persen sesuai dengan kesepakatan. Itu diskonnya 17 Agustus pas proklamasi kan komitmen semuanya dari bank juga memberikan komitmen support non-tunai jalan tol," jelasnya.
Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Eny Panggabean mengatakan perbankan juga akan memberikan potongan harga hingga 50 persen untuk setiap pembelian kartu baru. Beberapa di antaranya adalah kartu e-Money milik Bank Mandiri, Flazz BCA milik Bank BCA, Brizzi milik Bank BRI, serta Tapcash miliki Bank BNI.
"Diskon ini akan diberikan mulai tanggal 17 Agustus nanti sampai 30 September 2017, itu hasil kesepakatan kami dengan perbankan," jelas Eny.
Selain memberikan diskon, pemerintah dan perbankan juga akan memperluas cakupan penjualan kartu uang elektronik di gardu tol dan menambah paling sedikit 30 titik top up, di mana saat ini titik top up berjumlah 21 titik. Langkah ini diharapkan mempermudah masyarakat dalam melakukan pembelian maupun melakukan isi ulang kartu yang dimiliki.
"Setidaknya titik top up harus terus ditambah. Perbankan akan memperluas cakupan penjualan kartu uang elektronik di gardu tol, sehingga mempermudah akses masyarakat untuk melakukan pembelian ataupun untuk top up," pungkasnya.
5. Bensin gratis


PT Pertamina (Persero) membagikan bahan bakar minyak jenis pertalite, pertamax dan pertamax turbo gratis di stasiun pengisian bahan bakar umum yang bertanda khusus di Bali memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Manajer Humas dan Komunikasi Pertamina Area Jawa Timur Bali dan Nusa Tenggara, Rifky Rakhman Yusuf mengatakan, program tersebut terbagi dalam tiga yakni promo 'Berani Merdeka', 'Terima Kasih Pejuang' dan promo nontunai Rp 170.845 (melambangkan tanggal, bulan dan tahun Kemerdekaan RI) .

Untuk promo 'Berani Merdeka', konsumen akan mendapatkan gratis satu liter pertamax dengan berfoto pada tempat dan latar belakang yang sudah dipersiapkan di SPBU. Rifky melanjutkan foto itu kemudian harus diunggah di akun media sosial dengan menuliskan arti kemerdekaan dengan tanda pagar #merdekabersama dan #pertamax dan tautkan pada akun Pertamina @pertamaxind.

"Promo ini berlaku pukul 06.00-18.00 (waktu setempat) di 100 SPBU bertanda khusus di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara," ucapnya.
Selanjutnya, promo 'Terima Kasih Pejuang' yang diberikan khusus bagi para Veteran mendapatkan gratis satu liter pertalite untuk setiap pembelian produk BBM beroktan 90 itu dengan menunjukkan Kartu Tanda Anggota Veteran.
Promo itu berlaku mulai pukul 06.00-18.00 Wita di seluruh SPBU yang menjual produk pertalite.
Kedua program promo itu, lanjut dia, hanya berlaku pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Kamis (17/8) yang mewajibkan peserta hanya boleh mengikuti program promo sebanyak satu kali dan tidak dapat diwakilkan.
Sementara itu, khusus promo nontunai Rp 170.845, konsumen akan mendapatkan gratis pertamax turbo pembulatan senilai Rp 200 ribu setiap pembelian pertamax turbo dengan nominal Rp 170.845 secara non-tunai.
Program itu berlaku untuk pembelian pertamax turbo menggunakan seluruh kartu debit atau kartu kredit yang bertanda Mastercard berlaku selama 15 hari mulai 17-31 Agustus 2017 di 100 SPBU bertanda khusus di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.
Rifky menambahkan, program promo HUT RI itu juga bentuk apresiasi atas tanggapan positif masyarakat terhadap bahan bakar non-subsidi itu.









Sumber : merdeka.com

https://www.merdeka.com/uang/5-kado-untuk-rakyat-di-hut-ri-dari-bensin-hingga-tiket-krl-gratis.html

Related Posts

No comments:

Post a Comment